HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Analisis Minat Penggunakan Ulang Pelayanan Rumah Sakit Umum

Contoh Tesis KESMAS ~  Analisis Minat Konsumen Untuk Menggunakan Ulang Pelayanan Rumah Sakit Umum Mitra Keluarga Husada  Pedan Klaten

Ilustrasi Gedung Rumaah Sakit

Ilustrasi Gedung Rumaah Sakit

Latar Belakang Tesis :

Lingkungan organisasi mengalami perubahan yang dinamis, cepat dan radikal dengan semakin meningkatnya proses globalisasi yang melanda di semua negara di dunia (Mulyadi,2001). Perubahan lingkungan global yang sedang berlangsung berdampak pada sektor kesehatan baik pada tingkatan makro yaitu Sistem Kesehatan Nasional dan pada tingkatan mikro yaitu Rumah Sakit. Rumah sakit sebagai suatu organisasi harus menghadapi persaingan global, yang menuntut digunakannya konsep manajemen stratejik yang digunakan sebagai model penafsiran perubahan dan adaptasi strategis terhadap perubahan lingkungan, serta digunakannya perencanaan strategi pemasaran yang berorientasi pada konsumen sebagai jawaban dari perubahan kebutuhan konsumen yang sangat cepat sehingga rumah sakit dapat memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan harapan konsumen bahkan melebihi harapan konsumen.

Menurut Mulyadi (2001), dampak dari globalisasi tersebut terjadi pergeseran kekuasaan dalam pasar dimana konsumen memegang kendali terhadap jasa pelayanan, sehingga konsumen menuntut agar diperlakukan secara istimewa. Rumah sakit dalam memberikan jasa pelayanan berorientasi keinginan dan kebutuhan konsumen, atau berorientasi pada konsumen (consumer oriented), sehingga kegiatan pemasaran yang dilakukan rumah sakit harus dimulai dengan usaha mengenal dan merumuskan keinginan dan kebutuhan dari konsumen .

Perumusan Masalah Penelitian 

Sebagai upaya pengenalan terhadap perilaku konsumen dalam menggunakan jasa pelayanan rumah sakit, maka diperlukan analisis untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen dalam menggunakan ulang jasa pelayanan rumah sakit, sehingga dengan mengetahui minat konsumen dalam menggunakan jasa pelayanan rumah sakit diharapkan dapat merumuskan strategi pemasaran tepat bagi rumah sakit berdasarkan minat konsumen.

Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, peneliti ingin mengetahui bagaimana  minat konsumen dalam menggunakan ulang jasa pelayanan rumah sakit dan merumuskan strategi pemasaran yang tepat berdasarkan minat konsumen dalam menggunakan jasa pelayanan Rumah Sakit Mitra Keluarga Husada.

Tujuan Penelitian

Berdasarkan perumusan masalah, penelitian ini dilakukan dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Mengetahui bagaimana minat konsumen dalam menggunakan jasa pelayanan Rumah Sakit Mitra Keluarga Husada.
  2. Mengetahui pengaruh sikap, norma subyektif dan kontrol keperilakuan terhadap minat konsumen dalam menggunakan jasa pelayanan Rumah Sakit Mitra Keluarga Husada.
  3. Mengetahui strategi pemasaran berdasarkan minat konsumen dalam menggunakan jasa pelayanan rumah sakit, sehingga dapat dirumuskan strategi pemasaran yang tepat bagi Rumah Sakit Mitra Keluarga Husada.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai jawaban atas permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan studi pendahuluan menghasilkan 5 (lima) pilihan teratas atribut-atribut pelayanan RS Mitra Keluarga Husada yang menjadi dipertimbangkan dalam memutuskan untuk menggunakan ulang pelayanan tersebut yaitu (1) Pelayanan yang cepat (2) Harga/biaya yang terjangkau/relatif (3) Dokter dan petugas yang ramah (4) Lingkungan yang aman dan nyaman dan (5) Tempat/ruangan rumahsakit yang bersih.
  2. Minat responden pasien untuk menggunakan kembali jasa pelayanan RS Mitra Keluarga Husada tergolong cukup tinggi dengan rerata 4,415. Oleh karenanya minat ini harus dipertahankan dan ditingkatkan dengan memahami faktor yang mempengaruhinya.
  3. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel Sikap Berperilaku dan Kontrol Keperilakuan yang Dihayati (diwakili oleh biaya yang tidak menjadi masalah/terjangkau) memberikan pengaruh yang positif dan signifikan. Sedangkan variabel Norma Subyektif sekalipun memperoleh skor yang rata-rata tinggi namun tidak berpengaruh signifikan bahkan negatif terhadap Minat Berperilaku.
  4. Strategi pemasaran yang dirasa tepat bagi RS Mitra Keluarga Husada untuk mempertahankan minat konsumen menggunakan ulang pelayanan yang diberikan adalah dengan memperbaiki dan meningkatkan kualitas produk dan merancang strategi penetapan tarif (pricing/charging) yang bijaksana.

 

 

Incoming search terms:

Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Email
Print