HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Analisis Kebutuhan Dan Pengembangan Pelayanan Rawat Inap

Contoh Tesis Kesehatan Masyarakat ~ Analisis  Kebutuhan  Pelanggan Dalam  Pengembangan  Pelayanan  Rawat  Inap  Di  Puskesmas  Pijoan  Baru  Propinsi  Jambi

Tampilan Puskesmas Yang Sederhana

Tampilan Puskesmas Yang Sederhana

Latar Belakang Tesis :

Adanya dinamisasi dalam gerak langkah pembangunan mendorong diwujudkannya suatu upaya perbaikan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, seperti peningkatan fungsi puskesmas menjadi puskesmas rawat inap (Depkes RI, 1994). Pengembangan puskesmas membutuhkan perencanaan yang baik dan investasi yang besar. Sebelum pengembangan dilakukan, Dinas Kesehatan sebagai perencana pengembangan dapat mengakses banyak sumber informasi. Perencana seringkali mengabaikan satu sumber informasi, yaitu persepsi masyarakat. Tanpa memperhatikan persepsi masyarakat, perencana akan terus merencanakan program kesehatan tanpa input dari masyarakat yang terkena dampak program mereka. Program tersebut akan beresiko dan tidak akan mendapatkan hasil yang optimal (Palmer, 1997).

Daya dorong untuk peningkatan mutu dimulai dari pelanggan. Pelanggan menggambarkan produk dan layanan provider karena mereka merasakan kebutuhan dan harapan mereka dipenuhi atau tidak. Fokus pada kebutuhan dan harapan pelanggan diperkenalkan sebagai kunci peningkatan mutu oleh Deming, Juran, Crosby dan pencetus Total Quality Management (TQM) lain (Jablonski, 1992). Pihak yang menentukan mutu pelayanan adalah pelanggan. Karena itu perusahaan perlu mengetahui sampai sejauh mana tingkat kepuasan pelanggan dan kebutuhan pelanggan yang perlu dipenuhi oleh perusahaan (Umar, 2002).

Perumusan  Masalah

Dari gambaran yang telah diuraikan  pada latar belakang di atas,  untuk melakukan pengembangan puskesmas menjadi puskesmas rawat inap guna meningkatkan mutu pelayanan puskesmas, maka perlu diketahui kebutuhan pelayanan kesehatan menurut masyarakat. Sehingga masalah penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut :

1.   Bagaimanakah kebutuhan pelanggan akan pelayanan kesehatan dalam upaya pengembangan pelayanan rawat inap di Puskesmas Pijoan Baru?

2.   Apakah ada perbedaan persepsi tentang kebutuhan pelayanan kesehatan dalam upaya pengembangan pelayanan rawat inap antara pelangggan internal dan pelanggan eksternal?

Tujuan  Penelitian

Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui kebutuhan pelanggan dalam upaya pengembangan pelayanan rawat inap di Puskesmas Pijoan Baru.

Sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah :

1.   Untuk mengetahui persepsi pelanggan internal dan pelanggan eksternal tentang kebutuhan pelayanan kesehatan dalam upaya pengembangan pelayanan rawat inap.

2.   Untuk mengetahui persepsi pelanggan internal dan pelanggan eksternal akan pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan.

3.   Untuk mengetahui adanya kesenjangan antara kebutuhan dan pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelanggan eksternal dan internal mendukung pengembangan puskesmas rawat inap, yang disertai dengan perbaikan fasilitas air, pengadaan listrik, pembenahan gedung, dan peningkatan kualitas staf dengan pelatihan. Pengembangan pelayanan rawat inap ini disesuaikan dengan prioritas kebutuhan pelayanan kesehatan yaitu :

  1. Obat dan alat yang berkualitas.
  2. Pelayanan rawat inap.
  3. Pelayanan kesehatan umum.
  4. Pelayanan kesehatan anak.
  5. Pelayanan kesehatan mata.
  6. Pelayanan persalinan.
  7. Laboratorium lengkap.
  8. Obat dan alat yang lengkap.
  9. Pelayanan pemeriksaan, pengobatan dan perawatan yang cepat dan tepat .
  10. Jadwal pelayanan dijalankan dengan tepat.
  11. Kemampuan dokter dan perawat untuk cepat tanggap menyelesaikan keluhan pasien.
  12. Pengetahuan dan kemampuan dokter dalam menetapkan diagnosa penyakit.
  13. Keterampilan para dokter perawat  dan petugas lainnya dalam bekerja.
  14. Tindakan cepat saat pasien membutuhkan.
Incoming search terms:

Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Alamat

IDTESIS SURABAYA

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)

HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) & BBM : 5E1D5370

Email
Print