HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap

Contoh Tesis Manajemen  Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Surakarta

Salah Satu Pasien Rawat Inap

Salah Satu Pasien Rawat Inap

Latar Belakang Tesis : 

Dengan adanya populasi penduduk yang meningkat, permintaan (demand) yang tinggi, transportasi dan komunikasi yang mudah, dan berubahnya pola penyakit, maka peluang bagi rumah sakit untuk mengembangkan usahanya akan semakin besar. Mulai tahun 2000 diperkirakan pelayanan kesehatan swasta akan lebih banyak dari pemerintah cenderung menjadi swadana. Rumah sakit pemerintah bersaing terhadap swasta dalam artian fisik, pelayanan dan kualitas.

Masyarakat sekarang ini juga semakin kritis untuk menentukan pilihan. Termasuk dalam memilih rumah sakit untuk berobat. Banyak faktor yang akan dipertimbangkan untuk memilih rumah sakit untuk berobat.

 

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diungkapkan maka timbul permasalahan sebagai berikut:

  1. Bagaimana kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap menurut dimensi servqual di Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Surakarta?
  2. Dimensi kualitas pelayanan apakah yang paling dominan  dalam mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Surakarta?
  3. Bagaimana pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Surakarta?
  4. Bagaimana strategi yang dilakukan pihak Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta dalam usaha peningkatan kualitas layanan yang ada?

 

Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Surakarta.
  2. Untuk mengetahui dan menganalisis dimensi kualitas pelayanan apakah yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Surakarta.
  3. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di  Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Surakarta.
  4. Untuk mengetahui strategi yang dilakukan pihak Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta dalam usaha peningkatan kualitas layanan yang ada.
Pertolongan Terhadap Pasien Rawat Inap

Pertolongan Terhadap Pasien Rawat Inap

 

Kesimpulan Hasil Penelitian

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang ada dapat dirumuskan kesimpulan sebagai berikut :

1. Berdasarkan  perhitungan skor gap kali skor bobot didapat skor rata-rata sikap pasien adalah –2,822. Skor  ini lebih kecil dari –1. Hal ini menunjukkan pasien  belum puas terhadap pelayanan yang ada.   Sehingga hipotesis yang ada tidak terbukti.

Hal ini berarti kualitas layanan yang ada di rmah sakit PKU muhamamdiyah yang ada belum memberikan kepuasan terhadap sikap konsumen.

2. Dimensi kualitas layanan yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap kepuasan  pasien adalah atribut relliability (X2) . Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi dalam persamaan matematik yang ada.

  • Koefisien regresi dimensi relliability(X2) adalah 0,649. Hal ini berarti dimensi ini mempunyai pengaruh pengaruh 0,649 terhadap sikap pasien. Koefisien regresi dimensi ini lebih tinggi dibandingkan koefisen regresi atribut yang lain.
  • Koefisien regresi dimensi tangibles (X1) adalah 0,432, dimensi ini  mempunyai pengaruh 0,432 terhadap sikap pasien.
  • Dimensi responsiviness (X3) mempunyai pengaruh 0,338 terhadap sikap pasien.
  • Dimensi emphaty (X4) mempunyai pengaruh 0,519 terhadap sikap pasien.
  • Dimensi assurance(X5) mempunyai pengaruh 0,173 terhadap sikap pasien.
  • Nilai koefisien regresi yang positif mempunyai arti sifat pengaruh adalah searah, yaitu semakin tinggi tanggapan pegawai terhadap tangibles(X1) akan dapat meningkatkan terhadap Sikap pasien pegawai.
  • Hasil yang didapat dalam pengujian t test adalah tiga dimensi kualitas pelayanan mempunyai pengaruh signifikan terhadap sikap pasien pada level a =  1%,  yaitu masing-masing mempunyai p value 0,00 , yaitu dimensi dimensi tangibles (X1) , dimensi relliability (X3), dimensi emphaty (X4). Dua dimensi kualitas pelayanan mempunyai pengaruh signifikan terhadap sikap pasien pada level a =  5% yaitu dimensi responsivenes (X3) mempunyai nilai  p value = 0,025 dan dimensi assurance (X5) mempunyai nilai  p value = 0,019.
  • Berdasarkan pengujian secara keseluruhan pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari dimensi tangibles (X1), dimensi reliability (X2), dimensi responsiviness(X3), dimensi emphaty (X4) dan dimensi assurance (X5) terhadap sikap pasien yaitu dengan membandingkan F hitung dan F tabel didapat hasil nilai p value (nilai probabilitas signifikansi F hitung dan  F tabel) = 0,000 (signifikan pada level a =  1%). Nilai F hitung adalah 19,017. Nilai F hitung lebih besar dari F kritis pada level signifikansi 5% dan 1%.  Hal ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan dan positif dari  dimensi tangibles(X1),  dimensi relliability(X2),  dimensi Responsiviness(X3),  dimensi emphaty (X4) dan  dimensi assurance(X5) terhadap Sikap pasien(Y)

 

 

 

Incoming search terms:

Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Email
Print