HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Contoh Skripsi Ekonomi – Kualitas Audit

Contoh Skripsi Ekonomi -PENGARUH ORIENTASI ETIKA, KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT

Para Auditor

Para Auditor

Latar Belakang Skripsi ~Fenomena yang dihadapi auditor ketika menjalankan tugasnya sangatlah menarik untuk diperhatikan. Bahwa selain auditor harus memperhatikan kredibilitas dan etika profesi, namun auditor juga harus menghadapi tekanan dari klien dalam berbagai pengambilan keputusan. Jika auditor tidak mampu menolak tekanan dari klien seperti tekanan personal, emosional atau keuangan maka independensi auditor menjadi berkurang dan dapat mempengaruhi  kualitas audit (Kusharyanti, 2003).

Para klien auditor mengharapkan kinerja yang baik dari para auditor. Auditor dituntut untuk bekerja secara profesional dalam menjaga kepercayaan masyarakat dan pemakai informasi laporan keuangan. Auditor bertanggungjawab terhadap opini mereka. Profesionalisme auditor harus tetap ada sesuai dengan peraturan yang berlaku selama mengerjakan tugas audit karena hal tersebut akan memberikan keyakinan yang pasti dan kepuasan para kliennya. Peneliti merasa perlu melakukan penelitian untuk mengetahui hal-hal apa saja yang dapat mempengaruhi kualitas audit dan seberapa kuat pengaruh tersebut. Penelitian ini mencoba mengembangkan penelitian-penelitian tentang kualitas audit yangpernah ada sebelumnya, dimana dalam penelitian ini mencoba mempertimbangkan variabel orientasi etika dalam pengaruhnya terhadap kualitas audit.

Perumusan Masalah

Banyak penelitian yang telah dilakukan dalam bidang auditing yang menunjukkan pentingnya pengaruh kompetensi dan independensi auditor terhadap kualitas audit, dan masih jarang penelitian yang menunjukkan pengaruh orientasi etika auditor terhadap kualitas audit. Oleh karena itu, maka penelitian ini meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas audit yang dihasilkan oleh auditor dalam menyediakan jasa audit. Penelitian ini menggunakan orientasi etika, kompetensi, dan independensi sebagai variabel independen yang diduga mempengaruhi kualitas audit sebagai variabel dependen. Masalah yang diteliti selanjutnya dapat dirumuskan dalam bentuk beberapa pertanyaan penelitian sebagai berikut:

1.  Apakah orientasi etika auditor berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit?

2.  Apakah kompetensi auditor berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit?

3.  Apakah independensi auditor berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit?

4.  Apakah orientasi etika, kompetensi dan independensi auditor secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit?

Tujuan Penelitian 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi etika, kompetensi dan independensi terhadap kualitas audit pada akuntan publik atau auditor independen. Permasalahan umum dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan kepentingan antara pihak manajemen (agen) dan pihak pemilik perusahaan (prinsipal). Sebagai pengguna jasa audit, agen lebih menginginkan

Kesimpulan 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi etika, kompetensi dan independensi auditor terhadap kualitas audit pada auditor di Kantor Akuntan Publik di wilayah kota Surakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan sebagai

berikut:

1.  Orientasi etika auditor berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit.

2.  Kompetensi auditor berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit.

3.  Independensi auditor berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit.

4.  Orientasi etika, kompetensi dan independensi auditor secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Kemudian dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,920 berarti bahwa ketiga variabel bebas yaitu orientasi etika, kompetensi dan independensi auditor secara bersama-sama (simultan) berpengaruh dan memberikan sumbangan terhadap variabel terikat yaitu kualitas audit sebesar 92% sedangkan sisanya (8%) dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian.

Incoming search terms:

Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Alamat

IDTESIS SURABAYA

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)

HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) & BBM : 5E1D5370

Email
Print