HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Sikap Terhadap Hasil Belajar

Contoh Tesis Manajemen Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Sikap Terhadap Hasil Belajar Peserta Diklatpim Tingkat Iii Di Badan Diklat Propinsi DIY

Salah Satu Kegiatan Outbond Dalam Diklat

Salah Satu Kegiatan Outbond Dalam Diklat

Latar Belakang Tesis :

Salah satu pendidikan dan pelatihan yang tertuang dalam kebijakan pendidikan dan pelatihan Pegawai Negeri Sipil adalah Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat III. Diklatpim Tingkat III adalah diklat yang diperuntukkan untuk mencapai persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur pemerintahan yang sesuai dengan jenjang jabatan struktural. Dengan demikian sasaran diklat ini adalah untuk terwujudnya PNS yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan jabatan struktural eselon III.

Sebagai suatu proses pendidikan yang diharapkan dapat memberikan solusi terhadap peningkatan kompetensi kepemimpinan aparatur pemerintahan, maka kualitas hasil pelaksanaan diklat menjadi perhatian yang cukup serius. Dalam pelaksanaan diklat yang dilakukan haruslah diperhatikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar dalam diklat. Banyak faktor-faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar dalam diklat salah satu diantaranya adalah motivasi. Motivasi merupakan perubahan tenaga dalam diri individu yang ditandai oleh dorongan afeksi dan reaksi-reaksi untuk mencapai tujuan (Donald dalam Sumanto, 1998 hal. 203).

Rumusan Masalah Penelitian

Berdasarkan latar belakang masalah yang dikemukakan, maka dapat dibuat suatu rumusan masalah sebagai berikut:

  1. Apakah Motivasi berprestasi dan sikap berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta Diklatpim Tingkat III di Badan Diklat Propinsi DIY?
  2. Diantara variabel motivasi berprestasi dan sikap, manakah variabel yang memiliki pengaruh paling kuat terhadap hasil belajar peserta Diklatpim Tingkat III di Badan Diklat Propinsi DIY?

Tujuan Penelitian

Sesuai dengan rumusan masalah, maka dapat ditentukan tujuan penelitian sebagai berikut:

  1. Untuk menguji signifikansi pengaruh motivasi berprestasi dan sikap dalam diklat dengan hasil belajar kepemimpinan.
  2. Menguji variabel manakah yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap hasil belajar.

Simpulan

Berdasarkan analisis data terhadap hasil penelitian, maka dapat dibuat beberapa kesimpulan sebagai berikut:

  1. Pertama, terbukti bahwa Motivasi Berprestasi berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 9,353 dengan nilai sig sebesar 0 (nol).
  2. Kedua, terbukti bahwa Sikap dalam diklat berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar. Hal tersebut ditunjukkan dengan pembuktian hipotesis 2 dari nilai t hitung sebesar 8,144 dengan nilai sig sebesar 0 (nol).
  3. Ketiga,, terbukti bahwa Motivasi Berprestasi dan Sikap dalam diklat secara simultan berpengaruh terhadap Hasil Belajar. Pembuktian hipotesis 3 tersebut terlihat dari nilai F hitung sebesar 127,770 dengan nilai sig sebesar 0 (nol).
  4. Keempat, terbukti bahwa Motivasi berprestasi berpengaruh lebih dominan terhadap Hasil Belajar. Pembuktian tersebut terlihat dari nilai koefisien beta dari variabel Motivasi Berprestasi adalah sebesar 0,558 lebih besar dari nilai koefisien beta dari variabel Sikap dalam Diklat adalah sebesar 0,486.

Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Email
Print