HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Strategi Pemasaran Ditinjau Dari Volume Ekspor

Contoh Tesis Manajemen  ~ Strategi Pemasaran Ditinjau Dari Volume Ekspor Pada CV. Pandanus Yogyakarta

Ilustrasi Gambar Eksport Dan Import

Ilustrasi Gambar Eksport Dan Import

Latar Belakang Tesis : 

Tujuan utama strategi pemasaran adalah agar perusahaan dapat melihat secara obyektif kondisi-kondisi internal dan eksternal, sehingga nantinya perusahaan dapat mengantisipasi perubahan lingkungan yang terjadi. Karena dengan mengetahui  faktor internal dan eksternal dapat membuat perencanaan strategi manajemen pemasaran yang sesuai dengan perusahaan.

Pemasaran merupakan ujung tombak suatu perusahaan. Dalam setiap persaingan yang semakin ketat, perusahaan dituntut agar tetap bertahan hidup dan berkembang. Penentuan strategi pemasaran berdasarkan volume ekspor adalah akan banyak memberikan manfaat bagi perusahaan. Melalui data-data volume ekspor dapat diketahui pertumbuhan dan perkembangan perusahaan, yaitu apakah perusahaan sedang tumbuh, stagnan atau mengalami penurunan.

Perumusan Masalah

Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Bagaimanakah kecenderungan volume ekspor perusahan sejak tahun 1993-2003?
  2. Bagaimanakah prediksi volume ekspor perusahan 5 tahun kedepan ?
  3. Faktor apakah yang menjadi peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam mensiasati strategi pemasaran dalam usaha meningkatan volume ekspor di CV. Pandanus Yogyakarta?

Tujuan Penelitian

Mengacu pada perumusan masalah tersebut di atas, maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mengetahui dan menganalisis kecenderungan volume ekspor perusahan sejak tahun 1993-2003.
  2. Untuk mengetahui dan menganalisis prediksi volume ekspor perusahan 5 tahun kedepan ?
  3. Untuk mengetahui dan menganalisis faktor apakah yang menjadi peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam merumuskan strategi pemasaran dalam usaha meningkatan volume ekspor di CV. Pandanus Yogyakarta.

Kesimpulan 

Berdasarkan analisis pada bab sebelumnya kesimpulan dalam penelitian ini dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Pertumbuhan volume ekspor tiap tahun mengalami kenaikan signifikan secara linier.
  2. Prediksi pertumbuhan volume ekspor dalam lima tahun kedepan tetap mengalami kenaikan tiap tahun terutama pada produk box.
  3. Kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman utama yang dimilki oleh perusahaan adalah sebagai berikut :
    • Kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan meliputi : omzet yang selalu naik tiap tahun, SDM yang memiliki keahlian dan ketrampilan pada saat ini dan sumberdaya bahan baku yang melimpah.
    • Kelemahan utama perusahaan adalah berkaitan dengan sistem produksi yaitu pada proses penjemuran dan pewarnaan yang masih tergantung pada sinar matahari, sehingga pada saat iklim tidak mendukung dapat menggangu kapasitas produksi.
    • Peluang perusahaan meliputi pertumbuhan permintaan pasar terhadap industri kerajinan pandan terutama pada negara maju selain Amerika dan eropa barat pada pasar selam ini seperti Jepang, Australia dan Asia Barat.
    • Ancaman utama bagi perusahaan dan industri pandan pada umunya di Indonesia adalah pertumbuhan pesaing dari negara tetangga, terutama dari negara Philipina, Thailand dan Vietnam.
    • Berdasarkan anasisis swot posisi CV. Pandanus Yogyakarta adalah adalah berada di kuadran I. Strategi yang paling baik yang dapat diterapkan oleh CV. Pandanus Yogyakarta berdasarkan posisi yang ada adalah growth oriented strategy.

 

 


Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Email
Print