HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Strategi Persaingan Dalam Pemasaran Surat Kabar Harian

Contoh Tesis Komunikasi  ~ Strategi Memenangkan Persaingan Dalam Pemasaran Surat Kabar Harian Di Makassar Kasus Fajar, Tribun Timur Dan Pedoman Rakyat

Koran Yang Terbit Jaman Penjajah Jepang

Koran Yang Terbit Di Zaman Penjajah Jepang

Latar Belakang Tesis :

Dalam persaingan media massa, selain media cetak sendiri, media elektronikpun (radio dan Televisi) dan media internet walaupun hanya satu persen bangsa Indonesia yang terkait ke internet, juga melakukan persaingan namun tidak separah dengan persaingan media cetak, karena kita mengenal lokalisasi media yang menjadi ancaman langsung bagi media nasional seperti surat kabar daerah, majalah daerah.

Karena itu,  saat ini bisnis surat kabar pada saat ini merupakan bisnis yang menggiurkan bagi pengusaha-pengusaha pers, selama masyarakat Indonesia masih terikat dalam media konvensional, namun hal ini perusahaan pers perlu  manajemen yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan dalam persaingan persuratkabaran dewasa ini.

Permasalahan

Strategi apa yang diterapkan oleh surat kabar harian Fajar, Tribun Timur dan Pedoman Rakyat dalam memenangkan persaingan dalam pemasaran.

Pertanyakan Penelitian :

  1. Apakah strategi pemasaran yang dilakukan oleh surat kabar harian Fajar, Tribun Timur dan Pedoman Rakyat dapat meningkatkan oplah penjualan ?
  2. Apakah bauran pemasaran yang digunakan oleh surat kabar harian Fajar, Tribun Timur dan Pedoman Rakyat berbeda dalam  mempertahankan pangsa pasarnya?

 Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah dapat dikemukakan sebagai berikut :

Untuk mengkaji strategi pemasaran yang digunakan oleh Harian Fajar, Tribun Timur dan Pedoman Rakyat dalam memenangkan strategi persaingannya.

Untuk mengkaji bauran pemasaran yang dilakukan oleh  Harian Fajar, Tribun Timur dan Pedoman Rakyat dalam mempertahankan pangsa pasarnya.

 Kesimpulan

Berdasarkan  dari konsep strategi pemasaran yang dilakukan oleh ketiga surat kabar harian Fajar, Tribun Timur dan Pedoman Rakyat sangat berdampak pada peningkatan penjualan oplah masing-masing seperti oplah harian Fajar mengalami fluktuatif dari tahun 2001 oplah mencapai 66.432, tahun 2002 mengalami penurunan kemudian tahun 2003 kembali mengalami peningkatan hingga tahun 2004. Sementara oplah Tribun Timur yang mengalami kenaikan yang signifikan awal terbit 9 Pebruari 2004 beroplah 20.751 hingga umur satu tahun mengalami peningkatan sangat tajam mencapai 45.106, dan oplah  Pedoman Rakyat mengalami penurunan mulai tahun 2002 oplahnya mencapai 40.371 sampai 2004 oplah menurun samapi 34.083.

Dalam melakukan strategi dari marketing mix ketiga surat kabar ini masing-masing mempunyai strategi sendiri-sendiri baik itu dalam produk, harga, distribusi dan promosi .

  1. Produk :

Dalam melakukan strategi Produk,  berita-berita yang disajikan masing masing mempunyai ciri tersendiri, Harian Fajar menyajikan berita untuk kalangan menengah keatas dengan pemberitaan secara umum, sementara Tribun Timur menyajikan berita-berita untuk kalangan menengah keatas dengan berita-berita hiburan, gaya hidup dan olah raga bola sedangkan Pedoman Rakyat juga menyajikan berita untuk kelangan pemerintah dan PNS, pada iklan ketiga surat kabar ini juga mengambil iklan yang sama,sehingga persaingan iklan mereka sangat ketat.

  1. Harga

Untuk Harga ketiganya sudah menerapkan harga yang bersaing, harga masing-masing sesuai dengan daya beli pembaca masing-masing.

  1. Distribusi

Untuk distribusi ketiga surat kabar ini pada dasarnya memakai distribusi tidak langsung tetapi pendek, karena ketiganya termasuk dalam industri komsumsi, karena berita-berita yang disajikan adalah berita straight news yaitu pembaca bisa segera tahu dan mengerti peristiwa yang terjadi setidaknya sebagai bahan dasar sebelum mengambil suatu analisa atau kesimpulan tertentu.

4. Promosi

Pada dasarnya promosi yang dipakai sama, namun ketiganya mempunyai ciri promosi berbeda dalam meningkatkan penjualan.

Fajar memakai promosi marketing personal, sementara Tribun Timur memakai Tribun  Famili card dan suplemen majalah, Sedangkan Pedoman memakai promosi lewat bioskop

Ketiga Surat kabar ini juga mempunyai pangsa pasar juga berbeda, yaitu Fajar memelih pangsa pasar kelas menengah keatas dan tidak mengabaikan kelas bawah dengan berita umum, Tribun Timur memilih pangsa pasar menengah ketas dengan berita hiburan, gaya hidup  dan olah raga dan Pedoman rakyat memilih pangsa pasar pemerintah dan PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Ketiganya masing-masing mempunyai kekuatan, kepeluang dalam mencapai tujuan pasar dan ketiganya juga akan mampu mengatasi kelemahan dan ancaman  dalam melakukan strategi pemasarannya, sehingga ketiganya dapat eksis terbit.

Pernyataan  bahwa Kajian Strategi pemasaran dan bauran pemasaran yang digunakan  oleh surat kabar harian Fajar, Tribun Timur dan Pedoman Rakyat untuk memenangkan persaingannya dalam pemasaran dianggap mampu mempertahankan pangsa pasarnya dan berdampak pada peningkatan penjualan oplah di Makassar, ketiga surat kabar diatas ternyata ada diantaranya belum mampu memenuhi tujuan perusahaan sebagai perusahaan media dalam mencapai tujuan pemasarannya karena adanya trend penjualan selama satu tahun dari bulan Pebruari 2004 – Pebruari 2005 ketiga surat kabar ini terjadi perbedaan yaitu Harian Fajar  trend penjualan selama pebruari 2004 sampai Pebruari 2005 mengalami  fluktuatif, Tribun Timur Trend penualannya mengalami kenaikan secara signifikan selama Pebruari 2004 sampai Pebruari 2005  dan Pedoman Rakyat Trend penjualannya mengalami menurun cukup tajam selama Pebruari 2004 sampai Pebruari 2005.  Sehingga perlu ada evaluasi-evaluasi khususnya dibidang marketing mix (bauran pemasaran) yaitu produk, harga, distribusi, dan promosi.

Incoming search terms:

Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Email
Print